Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat wisata di kabupaten bogor curug lalay

Curug Lalay

Semoga di hari yang indah ini kita dalam keadaan sehat dan baik-baik saja, pada kesempatan kali ini saya akan menampilkan sebuah artikel mengenai tempat pariwisata lokal di Kecamatan Cariu yang mungkin masih banyak orang yang belum tahu keberadaannya. Curug tersebut adalah Curug Lalay atau Curug Pengantin.

Curug lalay ini salah satu tempat pariwisata yang ada di kecamatan cariu, kabupaten bogor. Tempat wisata ini mempertemukan kedua kota yaitu bogor dan karawang, meskipun jaraknya yang lebih dekat dengan karawang namun curug lalay ini masuk ke kabupaten bogor, jalur untuk menuju curug ini juga memadukan nuansa pedesaan yang asri, dengan sawah, gunung dan udara yang sejuk.

Untuk spesifiknya Curug Lalay ini terletak di kaki gunung Sangga Buana yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Karawang dengan Kabupaten Bogor atau tepatnya terletak di Kampung Tonjong, Desa Cikutamahi I, Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor, untuk memulai perjalanannya, kita harus menititipkan motor atau mobil Kamu di tempat yang sudah disediakan.

Curug Lalay mempunyai tipe air terjun yang berundak-undak, tipe air terjun seperti itu biasanya terdapat kolam yang tak terlalu dalam karena airnya langsung bisa mengalir.

Untuk parkir Kamu hanya perlu membayar Rp.5.000,- per motor dan untuk masuknya kita membayar Rp.10.000,- per orang


Setelah itu Kamu mulai perjalanan dari green canyon ke tempat tujuan, curug lalay.
dalam perjalanan ke curug lalay atau curug pengantin, kira-kira Kamu harus menempuh perjalanan 2,5 jam lamanya
karena memang jaraknya yang lumayan jauh. Dalam perjalanan kita akan melewati sungai, hutan (hutannya bukan seperti hutan yang banyak pegunungan nan lebat), dan sawah.

Dapat saya katakan curug lalay adalah surga tersembunyi buat saya. Karena memang dari segi pemandangan curugnya dan jalan menuju kesananya pun sangat bagus karena dipenuhi dengan sesuatu yang sangat asri nan hijau, apalagi airnya yang masih sangat jernih, walau jarak tempuhnya lumayan panjang.

Pesona Keindahan Curug Lalay


Air Curug Lalay mempunyai 3 aliran air terjun, pada setiap undakan mempunyai kolam penampungan tersendiri. Air yang mengalir sangat jernih dan bersih, suara deburan air menjadi pusat perhatian telinga siapapun yang di dekatnya.

Letak Curug Lalay bisa di bilang tersembunyi, karena berada diantara pepohonan yang rindang, ketinggian air terjun yang paling atas sekitar 9 meter sedangkan yang paling bawah mempunyai ketinggian sekitar 7 meter. Setelah sampai, Rasa lelah dan perjuang Kamu akan terbayar dengan keindahannya, seketika lelah kalian hilang dalam sekejap
karena memang curugnya indah nan mempesona.

Bisa saya katakan 
walaupun jaraknya yang begitu jauh, dari setiap perjalan kesanapun tak terasa, karena begitu banyak pemandangan yang masih asri, udara yang segar, dalam pertengahan perjalanan, kalian akan disuguhkan dengan hamparan padi
Dulu saya pernah kaget, Kok ada sih padi di hutan kaya gini, begitu pemandangan yang sangat luar biasa bukan.

Ketika perjalanan kesana, saya hanya bisa membayangkan betapa indahnya negri ini jikalau pemandangan yang asri masih mudah untuk di dapatkan, ketika melewati sungaipun subhanallah indahnya, air yang mengalir begitu deras dan bening.

Untuk ketinggian airnya hanya sampai betis mungkin paling dalam hanya sampai paha, pas kesana kita ketemu sama nenek-nenek yang jualan.
Jualan? Kok bisa sih jualan di hutan!!
iya ini yang bisa bikin kita kagetgimana gak kagetkan udah jaraknya jauh jualannya di hutan pula. Kayak ada ngeri-ngerinya gitu
terus kita jajan di warung nenek-nenek tersebut
sambil kita cerita-cerita.
Saya masih inget nenek itu pernah bilang jika mau ke curug lalay usahakan liat cuaca terlebih dahulu.

Karena ketika cuaca mendung itu akan membahayakan diri kita sendirikarena air yang mengalir akan jauh lebih deras.

Oops Maaf sampai ke asikan cerita perjalanannya sampai lupa potret curugnya seperti apa.

Curug Lalay atau Curug Pengantin

Curug Lalay atau Curug Pengantin

Alamat Curug Lalay

Curug Lalay terdapat di kawasan Green Canyon Karawang, keberadaan Curug Lalay ini di perbatasan antara Karawang dan Bogor. Jadi jangan heran jika banyak yang menyebutkan letaknya di Bogor juga banyak yang menganggap di Karawang.

Rute Menuju Curug lalay

Rute menuju Curug lalay apabila kamu berasal dari Jakarta perkiraan waktu yang akan kamu butuhkan sekitar 2 jam perjalanan.
Kamu bisa mengemudikan kendaraan menuju Kampung Pasir Santri di Desa Antajaya, Tanjungsari atau juga bisa menuju ke arah Kampung Tonjong Desa Cikutamahi, Cariu.
Yang terakhir Kamu harus menuju Green Canyon Karawang karena Curug Lalay berada di kawasan itu.

Tiket Masuk Curug Lalay

Untuk bisa menikmati keindahan Curug lalay kamu cukup membeli tiket seharga Rp.10.000,- per orang dan itu sudah termasuk kedalam tiket parkir.

Jam Operasional Curug Lalay

Curug lalay dibuka selama 7 hari penuh  tanpa ada hari libur dan selama 24 jam non stop sehari. Jadi jika kamu tidak ada rencana untuk camping, ada baiknya Kamu datang lebih pagi sehingga Kamu bisa pulang disiang atau sore harinya.

Karena belum tersedia lampu penerangan jalan yang cukup memadai, jadi sebaiknya Kamu memperhitungkan waktu keberangkatan dan pulang.

Tips Wisata Untuk Kamu

Saya rangkum beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Lalay, selengkapnya :

  1. Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak sedang mendung apalagi turun hujan.
  2. Siapkan kondisi fisik kamu, pastikan dalam kondisi fit.
  3. Gunakan sepatu yang nyaman untuk melakukan trekking, karena lokasi cukup jauh dan menantang.
  4. Bawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup, untuk bekal diperjalanan dan saat kamu berada di area Curug Lalay.
  5. Tidak disarankan untutk anak di bawah umur karena medan yang cukup terjal.
  6. Selalu saling menjaga kebersihan dan keasrian area Curug Lalay.
  7. Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  8. Siapkan gadget untuk mengabadikan keindahan Curug Lalay yang mempesona.
  9. Mungkin sekian dulu blog kali ini
  10. sebenarnya masih ada tempat pariwisata yang jaraknya tidak jauh dari sana
  11. seperti green canyon, curug ciomas dan curug panganten. Next time saya akan kesana
  12. terus akan saya share apa aja yang ada di pariwisata-pariwisata tersebut

Cukup sekian dari saya, mohon maaf bila ada kata yang kurang dipahami. Kurang lebihnya mohon di maafkan
See you Next Time
Bye

Berlangganan via Email